Operasi Keselamatan Progo 2020, Polda DIY Fokus 3 Sasaran Utama

oleh -
oleh

sergap TKP – YOGYAKARTA

Selama 14 hari atau terhitung mulai 6-19 April 2020,  Polda DIY bersama jajarannya menggelar Operasi Keselamatan Progo 2020.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto melalui konferensi pers online mengatakan, Untuk Operasi Keselamatan Progo 2020 ini, Polda DIY melibatkan 1.106 personel yang terbagi dalam tiga satuan tugas, Yaitu Satgas Preventif, Preemtif, dan Bantuan Operasi. Dengan 3 (tiga) titik sasaran utama.

“Ada tiga sasaran dan target dalam kegiatan ini, yakni orang, lokasi, dan barang, utamanya yang berhubungan dengan penanganan Covid-19,” kata Kombes Pol Yuliyanto. Selasa (7/4/2020) sore.

Menurut Kabid Humas, Untuk sasaran dan target orang akan difokuskan pada korban maupun pasien yang terinfeksi Covid-19, termasuk keluarga dan lingkungan sekitar. Untuk lokasi dan barang, di antaranya rumah sakit, tempat pelayana kesehatan, distribusi sembako dan alat kesehatan serta pusat ekonomi.

“Kemudian untuk kegiatan atau cara bertindaknya, yaitu dengan melakukan deteksi dini, monitoring serta dan pengumpulan data dan keterangan (puldaket) terhadap penyebaran Covid-19 yang ada di wilayah DIY. Termasuk melakukan penjagaan, pengaturan dan pengawalan, seperti pengawalan korban atau jenazah Covid-19 dan lainnya,”  ujar Kombes Pol Yuliyanto.

Sedangkan untuk penegakkan hukum di bidang lalu lintas, akan lebih banyak difokuskan pada tindakan preemtif dan preventif. Hanya menindak pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaaan lalu lintas dan fatalitas.

“Kalau pelanggar lalu lintas dan potensi fatalitasnya kecil bisa dimaklumi. Sehingga akan lebih banyak pada tindakan preemtif dan preventif,” tutur  Kombes Pol Yuliyanto.

Kabid Humas menambahkan,  Selain focus pada tiga sasaran dan target tersebut, dalam Operasi Keselamatan Progo 2020, petugas memberikan sosialisasi tentang Kamseltibcarlantas, pengunaan masker dan hand sanitizer serta imbauan agar tidak mudik saat wabah Covid-19.

“Petugas juga membagikan 500 masker kepada para penguna jalan yang berhenti di perempatan lampu merah Condongcatur.” Imbuhnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.