Tangkap Dukun Penganda Uang, Polres Bogor Amankan Uang Palsu Sebanyak Rp1,5 Miliar

oleh -

sergap TKP – BOGOR

Sat Reskrim Polres Bogor berhasil mengungkap dan menangkap seorang dukun pengganda uang berinisial SD (48) berikut  uang palsu sebanyak Rp1,5 miliar.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, Pengungkapan kasus ini bermula saat polisi menangkap pelaku peredaran uang palsu yakni AG (35) dan AR (40). Keduanya diamankan setelah sebelumnya kedapatan membelanjakan uang palsu di Desa Mampir dan Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

“Pengakuan kedua pelaku telah membelanjakan uang palsu ke 11 warung Desa Mampir dan Desa Dayeuh Kecamatan Cileungsi,” kata Kapolres Bogor AKBP Harun. Rabu (18/8/2021).

Dari hasil pemeriksaaan, keduanya mengaku membeli uang itu dari seseorang bernama Mbah Jamrong di daerah Jampang Surade, Sukabumi.

Atas informasi tersebut, polisi kemudian langsung melakukan pengembangan penyelidikan dan akhirnya berhasil meringkus tiga tersangka lain. Termasuk SD yang mengaku sebagai dukun pengganda uang.

Kapolres menjelaskan, Ketiga tersangka itu, ditangkap pada Minggu (15/8/2021) lalu di empat lokasi berbeda yang berada di wilayah Bandung Raya.

“Tiga orang tersangka lain berhasil diamankan, SD tersangka utama selaku dukun ganda uang, EH (46) perantara, dan DR (43) pengedar,” ujar AKBP Harun.

Selain mengamankan ketiga tersangka dan menetapkan seorang rekan mereka berinisial AD dalam daftar pencarian orang (DPO), dari tangan para tersangka ini polisi juga turut menyita sejumlah barang bukti diantaranya, uang palsu dalam pecahan 100 ribu senilai Rp1,5 milyar, uang kuno, 10 boks bungkus rokok, menyan, minyak mistis, dan lainnya.

“Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 244 KUHP dan atau 245 KUHP ancaman hukuman pidana 15 tahun penjara.” tegas AKBP Harun.