99 Calon Bintara Masuk Tahap Dikmaba, Pangdam V/Brawijaya: Siswa Akan Dipersiapkan Mental dan Fisiknya

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Setelah melewati proses seleksi yang cukup ketat, akhirnya 99 siswa calon Bintara masuk tahap Dikmaba TNI-AD.

Untuk di wilayah Kodam V/Brawijaya sendiri, tahapan itu digelar di Rindam V/Brawijaya, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tahapan itu, ditandai dengan adanya upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto. Sabtu, 25 September 2021 pagi.

“Dikmaba PK adalah Pendidikan bagi calon Bintara TNI-AD yang telah lulus berbagai macam tes, dimana pendaftaran itu hanya dibuka sekali saja dalam setahun,” ujar Mayjen TNI Suharyanto.

Selama berada di Rindam, para siswa itu akan diberikan berbagai pelatihan dan pembekalan.

“Para siswa akan dipersiapkan mental dan
fisiknya,” tegas Mayjen TNI Suharyanto

Dijelaskan Pangdam, sejatinya seorang Bintara merupakan tulang punggung Satuan. Artinya, siswa yang nantinya selesai mengikuti Dikmaba akan menyandang pangkat Sersan Dua (Serda). Bintara, memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat penting, yaitu menjadi jembatan antara prajurit golongan Tamtama dengan Perwira.

“Menjadi seorang prajurit TNI-AD, itu adalah kehormatan. Karena, tidak semua orang dapat diterima, atau lulus menjadi prajurit,” bebernya.

Untuk diketahui, Dikmaba yang diikuti para siswa itu nantinya akan berlangsung selama 5 bulan. Beberapa penekanan, dijelaskan oleh Pangdam salah satunya berkaitan dengan kedisiplinan.

“Hal yang paling mendasar dalam Pendidikan ini, adalah untuk merubah sikap dan perilaku dari perilaku sipil ke perilaku militer atau prajurit. Sebab, mereka nantinya dituntut untuk tegas, disiplin dan bertanggung jawab serta menjaga kehormatan prajurit,” kata Pangdam.