Bhayangkara Mural Fest 2021, Ruang Aspirasi Lewat Karya

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Dalam rangka memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Humas ke-70, Polda Jatim menggelar festival mural yang juga serentak berlangsung di seluruh jajaran Polri di tingkat provinsi.

Waka Polda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo menjelaskan kegiatan yang berlangsung di lapangan Tenis Indoor, Mapolda Jatim ini merupakan yang pertama kali dan bakal memperebutkan Piala Kapolri.

“Ini adalah wadah karya seni yang perlu dimanfaatkan agar rekan-rekan yang mempunyai jiwa seni untuk bisa memberikan tempat dan ruang dalam menyampaikan aspirasi,” kata Wakapolda, Sabtu (30/10/2021).

Aspirasi yang dituangkan melalui goresan cat ini dikatakan oleh Brigjen Slamet dapat dirinya maknai ketika mata memaksa melihat karya tersebut.

“Bicara soal mural, namun saya bisa memaknai ketika mampu membuat mata kita memaksa untuk melihat maka itulah keberhasilan dalam mural. Artinya, apa yang dibuat coret-coretan gambar harus membuat kita melihat,” ujarnya.

Dalam kompetisi ini Jatim telah mengirim satu perwakilan terbaiknya ke Mabes Polri. Sementara untuk kompetisi yang berlangsung di Jatim sendiri dimenangkan oleh Alif Edi Hermawan warga Surabaya dan Yuda Ramadhana, warga Driyorejo, Gresik.

Yuda menyampaikan konsep yang digambar olehnya dengan sosok Presiden Jokowi itu bermakna Indonesia Satu. “Artinya, bahwa Negara ini tidak bisa dipimpin hanya satu orang, melainkan harus bersama sama baik TNI, Polri dan juga masyarakat indonesia,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Alif, alasan keduanya menggambar wajah Presiden Republik Indonesia ini sebenarnya adalah kritik. “Sebenarnya ini kritik, namun kritik lebih elegan dengan mengekspresikan ke dalam sebuah gambar melalui karya seni mural,” ucap Alif.

Giat ini sendiri diselenggarakan oleh Humas Polda Jatim dan diikuti oleh 50 peserta yang disaring menjadi 21 peserta dimana satu diantaranya adalah peserta yang dikirim untuk mengikuti kompetisi di Mabes Polri.