Indonesia Salah Satu Negara Terbaik Dalam Penganan Covid-19

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol A. Yusep Gunawan, S.H., S.I.K., M.H., M.Han, memimpin langsung  apel jam pimpinan. Senin, (04/10/2021).

Pada arahannya, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol A. Yusep Gunawan menyampaikan bahwa situasi masa pandemi masih terjadi hingga saat ini,. Dan cara penangan di setiap negara juga cara dan kebijakan yang berbeda tak terkecuali Indonesia.

Dalam penanganan untuk menekan angka penularan dan juga kematian di Indonesia. Republik Indonesia sendiri termasuk salah satu negara terbaik dalam penganan covid-19.

“Upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dan kepolisian merupakan suatu bentuk penanganan guna menekan angka penularan dan juga kematian di Indonesia.” kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol A. Yusep Gunawan. Senin (04/10/2021).

Hal tersebut harus tetap dilakukan karena bisa terjadi kemungkinan peningkatan angka kasus terkonfirmasi covid-19 di Kota Surabaya disebabkan adanya kelonggaran-kelonggaran yang diberikan Pemerintah.

Selain itu, Kombes Pol A. Yusep Gunawan, menyebutkan ada beberapa negara yang memperbolehkan atau membebaskan warga Indonesia bepergian ke luar negeri termasuk Inggris dengan tanpa karantina.

“Kemenko Marves juga menyebutkan bahwa ada kelonggaran untuk masuk di bandara Indonesia salah satunya Juanda. Maka ini akan menjadi resiko untuk kita semua. Sementara untuk pencegahan itu sendiri, Pemerintah telah menentukan hal-hal yang menjadi atensi baik dari hulu hingga ke hilir.” ucap Kapolrestabes Surabaya.

Lebih lanjut, Kombes Pol A. Yusep Gunawan menyebutkan terkait manfaat vaksinasi yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal atau mencegah penularan covid-19. Perlu diketahui, meskipun program vaksinasi dilaksanakan tetap harus waspada dan antisipasi adanya gelombang baru. Karena dilihat dari angka positif pada hari ini pasca weekend, tidak menutup kemungkinan bahwa hari ini akan terjadi lonjakan.

“Saya berharap, khususnya anggota Polri dan TNI di Kota Surabaya tolong persiapkan dan tunjukkan tanggung jawab kita sebagai anggota Polri dan pastikan dapat dikelola dengan betul serta tunjukkan bahwa kita siap dalam kegiatan ini.” tuturnya.

Dan yang terakhir, Kombes Pol A. Yusep Gunawan menyebutkan bahwa pencapaian zona kuning level 1 di Kota Surabaya bukanlah hal yang mudah, hal itu didapat dikarenakan adanya kerja keras dan kerjasama dari semua pihak terutama dari pihak Kepolisian, TNI, Pemerintah, dan segenap lapisan masyarakat yang telah bergotong-royong dalam menangani kasus ini.

Sehingga kebijakan Walikota Surabaya untuk melonggarkan kegiatan masyarakat supaya ekonomi tumbuh dan berkembang yang harus kita jaga.

“Maka untuk itu kita tidak boleh lengah dan tetap melakukan pola-pola yang dilaksanakan. Dan jangan sampai pola dan metode yang dilakukan tidak berubah antara zona merah dan zona kuning,” pungkasnya.