KPK Bersama Kejaksaan Agung RI Tindaklanjuti Kasus Dugaan Korupsi Pembelian LNG di Pertamina

oleh -

sergap TKP – JAKARTA

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Kejaksaan Agung RI akan segera menindaklanjuti kasus dugaan korupsi pembelian LNG di Pertamina.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan melalui Plt Deputi Koordinasi dan Supervisi serta Deputi Penindakan segera menindaklanjuti kasus tersebut bersama Kejaksaan Agung RI.

“KPK menyambut baik kebijakan Jaksa Agung RI bahwa perkara tersebut ditangani KPK. Selanjutnya plt Deputi Korsup dan Deputi Penindakan KPK yang menindaklanjuti,” kata Firli Bahuri, Selasa (5/10/2021).

Firli juga menjelaskan, bahwa KPK dan Kejaksaan Agung memang sama-sama melakukan penyelidikan di kasus dugaan korupsi pembelian LNG di Pertamina. Sesuai dengan UU nomor 19 tahun 2019 hasil revisi, KPK memiliki kewenangan untuk koordinasi dengan institusi penegak hukum lain.

“Maka KPK dan kejaksaan melakukan koordinasi terkait penyelidikan, penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi,” katanya.

Untuk diketahui, Sebelumnya pihak Kejagung menyatakan telah menaikan kasus dugaan indikasi fraud dan penyalahgunaan kewenangan dalam kebijakan pengelolaan LNG Portofolio di PT Pertamina ke tahap penyidikan.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan kendati telah naik penyidikan, saat ini kasus tersebut telah dilimpahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kejaksaan Agung RI mempersilahkan dan tidak keberatan untuk selanjutnya KPK dapat melakukan penyidikan terhadap perkara dugaan tindak pidana korupsi dimaksud,” ujar Leonard Eben Ezer Simanjuntak.