Lanud J.B. Soedirman Gelar Kegiatan Latihan Penanggulangan Huru Hara

oleh -

sergap TKP – PURBALINGGA

Lanud J.B. Soedirman menggelar kegiatan latihan Penanggulangan Huru Hara (PHH) di apron militer Lanud J.B. Soedirman Purbalingga.

Kegiatan latihan PHH ini merupakan program kerja bidang operasi dan latihan, Dinas Operasi Lanud J.B. Soedirman yang bertujuan untuk melatihkan kembali para personel Lanud J.B. Soedirman apabila sewaktu-waktu dibutuhkan sebagai tim PHH.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud J.B. Soedirman Mayor Tek Muhajir Dwi A.N, S.T di sela-sela latihan mengatakan bahwa kegiatan PHH ini merupakan salah satu kegiatan operasi militer selain perang (OMSP) dan telah siap apabila dibutuhkan.

“Latihan PHH ini untuk me-refresh kembali apa-apa yang perlu dilakukan apabila ada aksi demonstrasi. Selain itu untuk mengecek kembali kesiapan tim PHH, baik materil maupun personel dan siap apabila ada permintaan bantuan dari instansi terkait dalam hal ini Polri, jika ada kejadian yang tidak diinginkan”, kata Kadisops Lanud J.B. Soedirman Mayor Tek Muhajir Dwi A.N, S.T di sela-sela latihan. Senin (18/10/2021).

Lebih lanjut Kadisops mengatakan bahwa dengan diselenggarakannya latihan PHH ini, diharapkan tiap personel memahami prosedur dan menguasai materi latihan, sehingga pada saat pelaksanaannya nanti akan mampu mengendalikan dan menanggulangi aksi demonstrasi yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku dan tidak terjadi kesalahan saat dilapangan, tandas Kadisops.

Pada latihan tersebut diperagakan pendelegasian tim PHH sebagai Danru, Wadanru, para penindak dan para penembak merangkap penembak tabung pelontar. Membuat formasi regu bersaf dan paruh lembing dengan sikap siap siaga dan sikap dorong kedepan serta materi latihan PHH lainnya. Kegiatan latihan PHH diakhiri dengan simulasi penanggulangan aksi demonstrasi oleh tim PHH didepan pintu gerbang apron militer Lanud J.B. Soedirman.