Lanud Sutan Sjahrir Sebagai Tuan Rumah Kegiatan Peringatan HUT TNI Ke-76 di Sumbar

oleh -

sergap TKP – PADANG

Lanud Sutan Sjahrir sebagai tuan rumah pada peringatan ke-76 HUT TNI tahun 2021 di Provinsi Sumatera Barat, kali ini dilaksanakan secara virtual dan sederhana. Selasa (5/10/2021).

Kegiatan peringatan ke-76 HUT TNI  ini, juga dimeriahkan oleh atraksi tim Paramotor dari Fasida Provinsi Sumbar yang terbang di langit Mako Lanud Sutan Sjahrir.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat pimpin acara peringatan ke-76 HUT TNI walaupun secara virtual bertempat di Istana Negara Jakarta, dalam amanatnya beliau mengatakan, peran TNI yang tugasnya sebagai garda terdepan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, apalagi dalam menghadapi pandemi covid-19 saat ini.

Keberhasilan dalam menangani penanganan covid-19 ini tidak terlepas dari peran TNI. TNI yang selalu menunjukan profesionalisme disetiap penugasan, kemampuan perorangan dan kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan teknologi dan alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan.

“Kesigapan TNI ini saya minta untuk selalu aktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti, pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman cyber, dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana.” kata Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

“Selanjutnya Presiden lebih jauh mengatakan, dalam menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, transformasi pertahanan harus harus terus dilanjutkan untuk meletakkan pondasi bagi pembentukan kapasitas pertahanan modern, relevan dengan perkembangan teknologi militer, sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan dilingkungan strategis regional maupun global,” jelas Presiden Jokowi.

Selain Komandan Lanud  (Danlanud) Sutan Sjahrir Kolonel Pnb M.R.Y. Fahlefie, S. Sos., psc., acara peringatan ke-76 HUT TNI tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Lanud Sutan Sjahrir ini, juga hadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Danrem 032/Wbr, Danlantamal II Padang, Kapolda Sumbar, Ketua DPRD Provinsi Sumbar, Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi Sumbar, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumbar, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Sumbar.