Polda Jatim Beri Jaminan Kesehatan Untuk 7.700 Anak Yatim Piatu Lewat Yankes Luar Biasa

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Polda Jatim menyiapkan jaminan kesehatan bagi 7.700 anak yatim piatu korban Covid-19 melalui program Pelayanan Kesehatan (Yankes) Luar Biasa yang dicanangkan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta Karo Karo.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Mahameru Mapolda Jatim ini melibatkan seluruh Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri jajaran Jawa Timur.

Selain program Yankes Luar Biasa, Polda Jatim juga akan memberika kartu Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) prioritas bagi 7.700 anak yatim piatu korban Covid-19.

Kapolda mengungkapkan bahwa dirinya sempat prihatin melihat anggotanya berjibaku menghadapi pandemi Covid-19 ini, dimana sebagian diantara juga harus terpapar dan ada yang sampai meninggal dunia akibat terpapar virus ini.

“Itu menjadi pemikiran saya, dan sekarang ini itu adalah langkah maju untuk mewujudkan bahwa anggota kita bisa menjadi sehat, bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Termasuk ASN dan keluarga Polri,” ungkapnya.

Selain itu, Jenderal polisi bintang dua ini juga mengapresiasi program Yankes Luar Biasa untuk anak-anak yang kehilangan orangyang bekerja sama dengan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS).

“Untuk itu jajaran Polda Jatim melalui Biddokkes akan melaksanakan kerja sama dengan BPJS. Pelayanan kesehatan 7.700 anak ini akan dibayarkan melalui biaya rumah sakit sebesar Rp 2.2 Milyar. Sehingga anak ini akan mendapatkan pelayanan kesehatan dengan kartu BPJS,” imbuh Kapolda Jatim.

Masih kata Kapolda, dengan kartu RSB prioritas yang diberikan kepada anak-anak tersebut dapat digunakan bila mereka datang ke RS Bhayangkara.

“Mereka akan mendapatkan pelayanan dari Rumah Sakit Bhayangkara termasuk pelayanan home care, datang ke rumah. Jadi tinggal telepon butuh pelayanan, nanti akan didatangi,” ujarnya.

Hal ini juga sesuai dengan program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam mewujudkan Polri yang PRESISI yakni Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, Berkeadilan.