Cegah Tawuran dan Wadahi Pesilat, Kapolda Jatim Gelar Turnamen Silat

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta Karo Karo menggelar turnamen Pencak Silat Remaja, Piala Kapolda Jatim, di gedung Mahameru Mapolda Jatim, pada Jum’at (26/11/2021).

Turnamen ini sendiri ditujukan Kapolda untuk menampung aspirasi perguruan silat yang ada di Jawa Timur serta meminimalisir terjadinya konflik antar perguruan silat sembari menyaring pesilat-pesilat potensial.

Kegiatan yang juga merupakan hasil kerjasama Polda Jatim dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) diharapkan juga memperkuat tali silahturahmi dan menghindari konflik antar perguruan silat.

Adapun pesertanya sendiri berasal 38 kontingen yang terdiri dari 304 pesilat lintas perguruan silat. Turnamen ini sendiri bakal berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 26 sampai 29 November 2021.

“Kita ingin mengadakan pertandingan ini untuk sekaligus menjaga kamtibmas. Karena adik-adik mungkin berlatih perlu ada pertandingan menunjukkan prestasi,” ujar Irjen Nico Afinta.

Orang nomor satu di Polda Jatim ini juga berharap dengan adanya turnamen ini dapat mengurangi tawuran antar pesilat. Bahkan pihaknya juga mengungkapkan melalui turnamen ini pihaknya bakal menjaring mereka yang berprestasi sebagai anggota polisi.

Kegiatan ini juga tidak akan berhenti sampai disini saja, melainkan akan menjadi turnamen berkelanjutan yang diadakan diadakan setiap tahun dengan tetap bekerjasama dengan IPSI dan Dispora Jatim.

“Kami bergabung dengan Ketua IPSI Jatim dan Kadispora Provinsi akan kami laksanakan tiap tahun, sehingga akan mewujudkan atlet-atlet yang tangguh, nanti bisa mewakili Jawa Timur, bisa mewakili Indonesia di pertandingan baik nasional maupun internasional,” ucapnya.