Jual Tanah Kavling Fiktif, Pengusaha ini Ditangkap Polrestabes Surabaya

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Direktur PT Barokah Inti Utama, Eddy Sumarsono (55) ditangkap aparat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya. Yang bersangkutan ditangkap lantaran menjajakan tanah kavling fiktif di wilayah Medokan Ayu Tambak, Surabaya.

Penangkapan tersebut juga dibenakan oleh Wakasatreskrim Polrestabes Surabaya Kompol Edy Herwiyanto yang menyebut bahwa tersangka menawarkan tanah yang bukan miliknya.

“Iya benar, tersangka menawarkan kepada korban tanah yang bukan miliknya, melainkan tanah tambak milik warga yang telah meninggal dunia pada tahun 1979,” kata Kompol Edy di Mapolrestabes Surabaya, Senin (22/11/2021).

Lebih lanjut perwira menengah Polri ini menjelaskan bahwa yang bersangkutan menawarkan tanah seluas 56 ribu M² dalam bentuk kavling yang telah di plot sesuai site plan melalui brosur dan media sosial atas nama PT Barokah Inti Utama.

“Tersangka menawarkan sebidang tanah kepada 223 nasabah atau konsumen dengan harga per kavling antara Rp 90 hingga 300 juta,” jelasnya.

Perusahaan tersangka sendiri telah beroperasi sejak 2015 silam dan telah memiliki 223 nasabah. “Saat ini korban yang melapor di Polrestabes Surabaya ada sekitar tujuh orang, perwakilan dari korban yang lain. Sedangkan korban ada yang pegawai swasta, PNS, maupun anggota TNI,” bebernya.

Akibat perbuatannya tersebut tersangka dijerat Pasal 372 dan 378 KUHP jo 64 KUHP dengan ancaman pidana empat tahun.