Forkopimda Jatim Hadiri Peringatan Dharma Samudera

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Forkopimda Jawa Timur mengikuti Upacara peringatan Dharma Samudera untuk mengenang pertempuran di Laut Arufuru pada 15 Januari 1962 di Hanggar Heli KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991, Sabtu (15/1/2022).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta Karo Karo, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto.

“Hari ini pada tahun 1962 terjadi pertempuran di Laut Arafuru yang menggugurkan salah putra terbaik bangsa Komodor Yos Sudarso dan ABK KRI Macan Tutul. Upacara ini untuk menghormati dan menghargai jasa pahlawan tersebut,” ujar Laksamana Yudo Margono.

Jenderal AL bintang empat ini berharap agar setiap prajuritnya dapat menegakkan kedaulatan Indonesia. “Sekarang ini situasi damai, namun tetap harus menegakkan kedaulatan hukum di laut, khusunya bagi prajurit Angkatan Laut,” ujar Yudo.

Kegiatan ini juga sekaligus untuk mengenang gugurnya prajurit KRI Nanggala-402 pada April 2021 lalu dengan meresmikan Monumen KRI Nanggala-402.