Polda Papua Membagikan Makan Siap Saji dan Layanan Kesehatan Kepada Masyarakat Yang Terdampak Banjir

oleh -

sergap TKP – JAYAPURA

Polda Papua bersama Forkopimda setempat terus menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir dan longsor. Minggu (09/1/2022).

Makanan yang dibagikan kepada masyarakat terdampak, dalam bentuk makanan siap saji dan dibagikan di 4 Distrik yakni Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura dan Heram.

“Kegiatan pembagikan makanan yang dilakukan Polda Papua hari ini salah satunya dilaksanakan di Perumahan Organda Padang Bulan Jayapura Papua.” kata Karo Log Polda Papua Kombes Pol Ihsan Amin, S.I.K.,M.H. Minggu (09/1/2022).

Selain memberikan bantuan berupa makan siap saji, Pihak Polda Papua saat ini juga telah menyediakan layanan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak banjir banjir dan longsor.

“Giat pembagian makanan dilaksanakan kepada masyarakat yang terdampak banjir. Sekaligus dilaksanakan layanan kesehatan oleh personil Polda Papua. Adapun personil Polda Papua yang di turunkan dalam giat tersebut sebanyak 30 personil.” ujar Kombes Pol Ihsan Amin, S.I.K.,M.H.

Untuk diketahui, bencana banjir dan tanah longsor terjadi setelah Kota Jayapura setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada hari Rabu (5/1/2022) sore hingga Kamis (06/1/2022) pagi.

Banjir merendam fasilitas seperti Kantor Gubernur, Batas Kota, Pasar Youtefa, Entrop, Hamadi, Organda, dan depan Saga Mall Abepura.

Sementara itu, untuk wilayah genangan air atau banjir yang terparah berada pada Distrik Abepura yaitu Perumahan Organda, Kali Acai, dan Kompleks Pasar Youtefa dan Distrik Jayapura Selatan yaitu wilayah pemukiman kompleks SMAN 4, PTC Entrop  dan Hamadi.

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Jayapura banjir terparah terjadi di Perumahan BTN Gajah Mada Yahim Sentani, Areal Stadion Lukas Enembe.

Adapun titik-titik pengungsian yakni :

A. KOTA JAYAPURA

1. GOR WARINGIN
Digunakan sebagai Posko Induk untuk drop bantuan

2. GOR Trikora (198 PENGUNGSI)
Sudah mulai kembali kerumah masing

3. ORGANDA 664 orang
memilih tinggal di rumah dan kerabat.

4. BALAI DIKLAT SOSIAL TANAH HITAM
Hanya digunakan untuk ambil bantuan, sedangkan masyarakat lebih memilih mengungsi dirumah kerabat / keluarga yang tidak terdampak.

5. PASAR YOUTEFA
Hanya digunakan untuk ambil bantuan, sedangkan masyarakat lebih memilih mengungsi dirumah kerabat / keluarga yang tidak terdampak.

6. SMA 4 JAYAPURA
Hanya untuk ambil bantuan, sedangkan masyarakat lebih memilih mengungsi dirumah kerabat / keluarga yang tidak terdampak.

Untuk saat ini, genangan banjir sudah mulai surut dan yang tersisa material-material bekas banjir dan tanah longsor dan sedang dibersihkan oleh personel gabungan TNI-Polri dan Pemerintah setempat.