Bareskrim Polri Tangkap Komplotan Pembuat Upal

oleh -

sergap TKP – JAKARTA

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri  kembali menangkap empat orang komplotan anggota jaringan pembuat uang palsu (upal) di Semarang, Jawa Tengah.

“Keempat tersangka yang berhasil diamankan tersebut berinisial  HH, SV, S, dan MS,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Polisi  Agung Setya. Sabtu (08/10/2016).

“Mereka ini merupakan anggota jaringan pembuat uang palsu yang diedarkan di Pulau Jawa dan Bali sejak empat tahun lalu. penangkapan keempat orang tersangka itu bermula dari ditangkapnya pengedar uang palsu yang dikendalikan narapidana dari dalam lapas di Ungaran, Semarang.” Ujar Agung Setya.

Dalam menjalankan aksinya, empat tersangka memiliki peran yang berbeda mulai pembuat uang palsu, kurir, penjual sampai pengendali peredaran upal.

Selain menangkap keempatnya, petugas juga mengamankan barang bukti diantaranya, 450 lembar uang palsu pecahan Rp100.000, ratusan lembar uang palsu yang belum dipotong, alat sablon, komputer, printer dan perlengkapan lain yang digunakan untuk mencetak uang palsu.

“Selain menyita barang bukti itu, kami juga menyita tiga unit mobil yang diduga merupakan hasil kejahatan mereka selama empat tahun.” Pungkas Agung.