KPK Kembali Periksa Bupati Mojokerto

oleh -

sergap TKP – MOJOKERTO

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa Bupati Mojokerto Pungkasiadi. Pemeriksaan dilakukan di Aula Wira Pratama Polres Kota (Polresta) Mojokerto. Kamis, (20/2/2020).

Sebelumnya pada Rabu (29/1/2020) silam, Pungkasiadi juga telah diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi terkait kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan tersangka mantan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP).

Usai menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 1 jam, Pungkasiadi tampak turun dari lantai dua Aula Wira Pratama Mapolresta Mojokerto.

“Saya kurang tanda tangan tiga saja, ini cuman antre aja, antre yang diperiksa saja kok. Tandatangan berita yang waktu itu saja,” ujar Bupati Mojokerto Pungkasiadi, Kamis (20/2/2020).

Selain Pungkasiadi, terkait kasus yang sama penyidik KPK juga memanggil orang tua MKP. Hj Fatimah, ibu kandung MKP tiba di Polresta Mojokerto sekira pukul 13.14 WIB.

Pemanggilan terhadap Hj Fatimah ini, diduga terkait dengan perusahaan-perusahaan keluarga MKP.

Informasi yang beredar, Hj Fatimah merupakan salah satu petinggi di Musika Group. Musika Group yang memiliki tiga anak perusahaan yakni CV Musika, PT Sirkah Purbantara dan PT Jisoelman Putra Bangsa itu disinyalir menjadi tempat cuci uang hasil korupsi selama MKP menjabat Bupati Mojokerto 2010-2018.

Dalam kasus ini, MKP disangkakan melanggar pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang junto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.