Polda Metro Jaya Gerebek Gudang Penimbunan Dan Produksi Masker Ilegal

oleh -

sergap TKP – JAKARTA

Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya menggerebek gudang penimbunan dan produksi masker ilegal di pergudangan Central Cakung Blok i nomor 11, Cakung Cilincing, Jakarta Utara.

Dilokasi penggerebekan, polisi mengamankan 10 orang  berinisial, YRH, EE, F, DK, SL, SF, ER, D, S, LF, serta mengamankan 600 kardus yang berisi total 30.000 box siap edar.

Gudang yang digerebek itu merupakan milik PT Uno Mitra Persada sebagai perusahaan pemasaran, dan PT Unotec Mega Persada sebagai perusahaan produksi masker.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengungkapkan, gudang ini awalnya memiliki izin sebagai gudang penyimpanan alat-alat kesehatan. Namun, kemudian ternyata digunakan sebagai tempat penimbunan dan produksi masker illegal.

“Gudang ini awalnya izinnya untuk tempat alat-alat kesehatan. Tetapi pada praktiknya, mereka menggunakan untuk memproduksi masker ilegal,” kata Kombes Pol Yusri Yunus di kawasan Cakung Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (28/2/2010).

Bahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara diketahui ternyata masker yang diproduksi di gudang tersebut merupakan masker palsu dan tidak memenuhi standar kesehatan maupun standar nasional Indonesia (SNI)..

“Kita pun sudah mengecek apakah merk ini adalah merk yang ada izin atau memang merk orang lain yang dipalsukan. Tetapi kalau masker hasil penelitian awal bahwa masker ini memang palsu, tidak ada standar dari kesehatan, dan standar nasional indonesia atau SNI,” ujar Kombes Pol Yusri Yunus.

Atas perbuatannya, para tersangka terancam dijerat Undang-Undang Kesehatan dan Pasal 107 Undang-Undang RI Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara dan atau pidana denda maksimal Rp 50 miliar.