Polres Sleman Bekuk 5 Orang Komplotan Pencuri Spesialis Pembobol ATM

oleh -

sergap TKP – SLEMAN

Sat Reskrim Polres Sleman berhasil membekuk 5 (Lima) orang komplotan pencuri spesialis pembobol Anjungan Tunai Mandiri atau Automated Teller Machine (ATM), dengan sistem ganjal.

Dari lima pelaku yang diamankan Empat pelaku berinisial BM (35), SM (30), MS (30), DS (28) warga Lampung, dan satu pelaku lainnya berinisial AS (22) warga Magelang.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Rudy Prabowo mengatakan, terungkapnya kasus ini berawal saat PT Swadharma Sarana Informatika (SSI), Kamis (27/2/2020) sore mendapat laporan ATM yang berada di SPBU Jalan Magelang, Mlati, Sleman mengalami trouble atau eror. Mendapat informasi tersebut, PT SSI kemudian mengirimkan pewainya untuk mengecek lokasi.

“Sesampainya di lokasi, pegawai PT SSI mendapati sebuah mobil dengan Nopol AA 9284 EK terlihat mencurigakan karena saat didatangi justru malah buru-buru meninggalkan lokasi,” kata AKP Rudy Prabowo. Jumat (28/2/2020).

Di saat yang sama melintas petugas yang sedang patrol, Karena curiga, dengan dibantu petugas mereka kemudian melakukan pengejaran dan berhasil menghentikan mobil tersebut saat di Pos Pol Denggung.

“Setelah berhasil diberhentikan, petugas kemudian melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan petugas menemukan dua buah plat besi yang sudah dimodifikasi dan satu buah tang, serta uang tunai Rp Rp10 juta yang diduga melakukan hasil membobol ATM, ” ujar AKP Rudy Prabowo.

Untuk proses hukum, kelima pelaku berikut barang bukti kemudian langsung di bawa ke  Polres Sleman untuk diamankan.

Atas perbutannya, para pelaku terancam dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun kurungan penjara.