Gubernur Jatim Apresiasi Kinerja Kanwil BPN Jawa Timur

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi apresiasi Kanwil Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Jawa Timur. Apresiasi ini atas kinerja yang tetap meningkat saat pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun UU Pokok Agraria ke-61.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jatim juga membacakan amanat dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/BPN) Sofyan A. Djalil.

Gubernur Jatim juga mengatakan capaian Kanwil BPN Jatim juga mendapat predikat terbaik secara nasional. Hal ini juga mendapat pujian dari Menteri ATR/BPN.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih bahwa dalam pelaksanaan legalisasi aset PTSL di Jatim, capaian kanwil BPN sangat menggembirakan dan secara nasional mendapat predikat terbaik,” kata Khofifah Indar Parawansa saat di Kantor BPN Jatim Jalan Gayung Kebonsari Surabaya, Jumat (24/9/2021).

“Saat Menteri ATR BPN ke Kantor Wilayah BPN Jatim beliau menyampaikan padahal ini pandemi COVID-19, capaiannya bisa memenuhi target sebelum pandemi,” ujar Khofifah.

Selain itu, Khofifah berpesan agar capaian ini bisa terus dipertahankan. Khofifah juga mengatakan agar para tim bisa memberi penguatan status di bidang tanah pada desa-desa di Jatim.

“Artinya kerja keras seluruh tim ATR BPN Jatim luar biasa. Pak Menteri mengapresiasi capaian ini. Mudah-mudahan dapat dijaga dan terus bisa mendedikasikan untuk kemajuan Jatim dan Indonesia,” terang Khofifah.

“Saya menyampaikan permohonan agar tri juang bisa diperkuat agar memberikan penguatan di setiap desa, agar desa lengkap bisa menjadi penguatan status di bidang tanah dan desa-desa yang ada di Jatim,” pesannya.

Di kesempatan yang sama, Khofifah juga memberikan Sertifikat Hak Pakai dan Sertifikat Hak Guna Bangunan pada sejumlah pemerintah kabupaten/kota dan perwakilan kementerian.

Pembagian sertifikat ini didampingi Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta hingga Ketua DPRD Jatim Kusnadi.

Tak hanya itu, Khofifah juga memberikan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya pada pegawai Kanwil ATR/BPN yang telah mendedikasikan diri untuk negara.

Sementara itu, terkait pembagian sertipikat kepada sejumlah pemerintah Kabupaten/kota dan perwakilan kementerian. Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional (Kakanwil BPN) Jawa Timur, Ir. H. Jonahar., M. Ec menambahkan jika pihaknya dalam waktu dekat juga akan membagikan sertipikat gratis kepada masyarakat.

“Di malang dan beberapa Kabupaten kemarin telah redis, Nah, sebentar lagi kalau tidak salah empat juta itu PTSL tetapi setelah pak Presiden kita bagikan ke mayarakat yang lain, ” ujar Ir. H. Jonahar., M. Ec.

Sedangkan ketika ditanya wartawan terkait antisipasi adanya sertipikat ganda, Jonahar mengatakan, bahwa untuk mengantisipasi sertipikat ganda, pihaknya telah mempetakan semua bidang tanah dengan sistem Tri Juang.

“Pemetaan dengan sistem Tri Juang ini telah kita dilakukan sejak tahun 2000 dan diusahakan selesai tahun 2024.” kata Jonahar.

“Tahun 2024 ini kita rencananya selesai semua. Untuk Nasional 2025, Jawa Timur diusahakan 2024. Kita menggunakan Tri Juang, Tri Juang itu kerjasama antara Bupati, Walikota,  Desa dan Kelurahan.  Jadi semuanya itu akan di petakan secara detail sehingga yang tumpang tindih akan ketahuan dan kita mediasi dan kita selesaikan.” pungkasnya