Mantri Pasar Pon Dapat Apresiasi Dari Kapolda Jatim

oleh -

sergap TKP – MOJOKERTO

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta Karo Karo mengapresiasi tindakan Aiptu Sumilak (Polwan) SPN Mojokerto yang juga Pembina Potensi Masyarakat alias ‘Mantri Pasar’ di Pasar Pon Sawahan Desa Sumbertebu Mojokerto.

Apresiasi tersebut bahkan ditunjukkan langsung oleh Kapolda dengan cara mengunjungi langsung lokasi Aiptu Sumilak bertugas dan berinteraksi dengan pedagang pasar Pon, Mojokerto, Senin (1/11/2021).

Pada kesempatan tersebut Kapolda yang ditemani Pejabat Utama Polda Jatim dan Kapolres Mojokerto, berkeliling pasar Pon Mojokerto sembari berinteraksi dengan para pedagang di pasar dan secara langsung mendengar cerita para pedagang tentang Aiptu Sumilak.

“Saya dengar langsung adanya anggota kami Aiptu Sumilak, yang dipercaya untuk melakukan pembinaan kepada pedagang di pasar ini, untuk menciptakan suatu sistem sosial di pasar yang baik,” ujar Kapolda.

Sistem tersebut diantaranya terkait kebersihan, keamanan, dan kenyamanan yang sebelumnya belum ada pada awal tahun 2018 hingga saat ini disebut Mantri Pasar.

Sementara itu, salah satu pedagang bernama Mutmainah mengakui semenjak Aiptu Sumilak menjadi mantri pasar situasi menjadi aman, lingkungan bersih, tidak ada pungli dan premanisme. “Bu mila disiplin orangnya, tegas, jadi tertib dan aman disini,” ujar Mutmainah

Senada dengan hal tersebut, Warti pedagang bumbu masak juga mengatakan bahwa Aiptu Mila merupakan orang baik. “Ibu mila tiang sae niku pak,” ucap bu Warti.

Dikatakan oleh Kepala Desa Sumbertebu, Mukhlason pihaknya bakal meminta Aiptu Mila untuk ketiga kalinya menjadi mantri pasar atas aspirasi para pedagang pasar Pon Sawahan.

“Kemudian saya dengar nanti ada pemilihan yang ke tiga kalinya, dan bu Sumilak diminta lagi. Saya ikut bangga apa yang sudah dilakukan oleh ibu Sumilak di sini, dan saya sudah mendengar langsung dari pedagang yang menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh ibu Sumilak melebihi tugas dan tanggung jawabnya,” ucap Kapolda.