Baru Sehari Jabat Pangdam, Mayjen TNI Nurchahyanto Langsung Ambil Sikap Tegas

oleh -

sergap TKP – LUMAJANG

Meski baru sehari menduduki kursi jabatan sebagai Pangdam V/Brawijaya, ketegasan dan kepedulian langsung dibuktikan oleh Mayjen
TNI Nurchahyanto.

Salah satunya, meninjau langsung penanggulangan dan proses evakuasi di
lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu, 11 Desember 2021.

Dengan didampingi beberapa pejabat teras Makodam, Pangdam langsung meninjau proses penanggulangan yang saat ini dilakukan oleh aparat TNI di lokasi pasca erupsi.

“Pangdam juga meninjau kondisi warga yang saat ini sedang mengungsi di beberapa posko darurat,” ujar Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya, Letkol Arm Kusdi Yuli Suhandra. Sabtu, 11 Desember 2021 siang.

Ditambahkan Kapendam, bukan hanya meninjau kondisi para pengungsi saja.
Namun, di lokasi itu Pangdam juga melihat secara langsung paparan evakuasi dan pencarian korban erupsi yang dilakukan langsung oleh Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Irwan Subekti.

“Sampai saat ini, proses pencarian korban terus dilakukan,” bebernya.

Diketahui, beberapa upaya sebelumnya sudah dilakukan oleh pihak Kodam dalam upaya pencarian, dan penanggulangan di lokasi pasca erupsi Semeru yang terjadi beberapa waktu lalu.

Selain dapur umum, hingga peralatan berat untuk proses evakuasi, pihak.Kodam juga mengirim beberapa tim kesehatan hingga tim trauma healing di lokasi posko darurat.