Kasus Carding Berkedok Travel, Polda Jatim Tetapkan Tersangka Baru

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Terkait penanganan kasus Carding berkedok travel, Tim penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jatim menetapkan seorang tersangka baru berinisial MK, asal warga Pelabuhan Batu, Medan.

“Semalam kami menambah satu tersangka, dari Medan. Baru sampai tadi pagi,” ujar Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs, Luki Hermawan., M.Si seusai meninjau pembangunan Rutan Polda Jatim di Mapolda Jatim Jl. A Yani 116 Surabaya. Jumat (28/2/2020).

Sebelumnya, terkait kasus yang sama Polda Jatim telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka, ketiga tersangka itu masing-masing berinisial  SG, FD dan MR.

Kapolda Jatim juga menyatakan, selain telah menetapkan satu lagi tersangka baru, pihaknya juga mendapat konfirmasi dari beberapa artis yang rencananya diperiksa hari ini jika mereka tidak bisa datang.

“Telah memberikan konfirmasi tidak bisa hadir dikarenakan ada keperluan shooting sinetron serta akan datang atau memenuhi panggilan penyidik pada hari Kamis minggu depan,” ujar Irjen Pol Drs. Luki Hermawan., M.Si didampingi Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K, Direskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, S.H , S.I.K., M.H dan Kabidpropam Polda Jatim Kombes Pol Puji Hendro Wibowo.

Untuk diketahui, Carding merupakan istilah yang merujuk pada tindakan pembobolan kartu kredit. Atau berbelanja dengan menggunakan identitas kartu kredit orang lain dengan cara mencuri data melalui internet.

Modus operandi tersangka pelaku, mereka menawarkan promo tiket perjalanan murah melalui akun instagram @tiketkekinian. Namun ternyata, akhirnya diketahui jika tiket yang mereka dijual tersebut diperoleh dari carding.

Selain berhasil mengungkap kasus ini, Polda Jatim juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya berupa, beberapa unit laptop, sejumlah buku rekening milik tersangka serta telepon seluler.

Atas perbuatannya, para tersangka pelaku disangkakan Pasal Pasal 48 Undang-Undang ITE Tahun 2016