Tingkatkan Kemampuan, Brigade Infanteri 1 Marinir Menggelar Latihan Tempur

oleh -

sergap TKP – BEKASI

Dalam rangka menjaga kemampuan tempur serta profesionalitas Prajuritnya, Brigade Infanteri 1 Marinir (Brigif 1 Mar) menggelar latihan di daerah Muara, Rawa, Sungai dan Pesisir (MUPE) TA. 2020 yang dilaksanakan di daerah latihan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

Danbrigif 1 Marinir Kolonel Marinir Ena Sulaksana, S.E. mengatakan, Tujuan latihan Mupe ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknik dan taktik operasi pertempuran, khususnya di daerah muara, rawa, sungai dan pesisir pada kondisi dan situasi tertentu.

“Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan kesiapsiagaan Prajurit Korps Marinir sebagai pasukan pendarat untuk melaksanakan tugas operasi sesuai perintah Komando Atas,” kata Kolonel Marinir Ena Sulaksana, S.E., selaku Perwira Pelaksana Latihan. Jumat (27/11/2020).

Menurut Danbrigif 1 Marinir, Pelatihan ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 23 – 27 November 2020 dengan materi yang dilatihkan meliputi Gerakan Maju Untuk Kontak (GMUK), Penyerangan, Patroli di daerah rawa, Patroli tempur, Patroli penyelidikan, Menembak reaksi, Penghadangan, Pungdamah, Air supply, Sea survival, Ekserisisi perahu karet, Renang rintis, Raid darat dan Raid amfibi, Menembak diatas perahu karet serta menembak reaksi.

Danbrigif 1 Marinir berharap, dengan latihan ini seluruh Prajurit Brigif 1 Marinir dapat mengasah kembali nalurit tempur meskipun ditengah pandemi Covid-19 saat ini, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan Negara, Koprs Marinir siap dikirim ke medan pertempuran.

“Tetap jalankan latihan sesuai dengan prosedur yang berlaku, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini, saya harapkan dengan latihan Mupe kali ini para Prajurit dapat memahami bahwa Muara, Rawa, Sungai dan Pesisir adalah medan pertempuran kita yang sesungguhnya, selain tugas pokok kita sebagai pasukan pendarat, tetap jaga keamanan personel dan material dalam setiap kegiatan agar latihan ini terlakasana dengan zero accident,” pungkasnya.