Usai Pam Natal, Kapolda Jatim Siapkan Pam Tahun Baru 2022

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Usai pengamanan Hari Raya Natal 2021, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta bersama Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan melakukan rapat koordinasi kesiapan pengamanan tahun baru 2022.

Keduanya juga serta melakukan pengecekan Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru di pusat perbelanjaan Plaza Surabaya. Kombes Akhmad Yusep mengungkapkan bahwa Kapolda telah memaparkan sistem melalui penyekatan mulai tingkat RW.

“Mekanisme pengamanan tahun 2022 tidak melaksanakan penyekatan, namun pembatasan mobilitas di batas kota Surabaya, untuk mengantisipasi masyarakat yang bergeser ke Surabaya dan rekayasa lalulintas di dalam pusat kota, untuk mengurangi keramaian dengan melibatkan perkuatan personil sebanyak 3064 personil,” ujarnya.

Kapolrestabes juga mengatakan bahwa pihak Polrestabes Surabaya telah mengimbau agar masyarakat tidak mengadakan acara-acara di hotel maupun di lokasi keramaian di malam tahun baru nanti.

Sementara itu, Kapolda Jatim menyampaiakan kepada Kapolres dan jajaran untuk mengambil langkah preemtif dan preventif. “Silahkan dilaksanakan seperti himbauan sesuai Surat Edaran (SE) Mendagri dan Menteri Agama. Guna mencegah penularan covid-19 varian omicorn,” ujarnya.

Kapolda juga memerintahkan satwil dan satker untuk bekerja sama dengan Humas untuk menghimbau masyarakat dan mengoptimalkan pelaksanaan yustisi. Selain itu Kapolda juga memperingatkan jajarannya untuk memperkuat pembatasan mobilitas di Ring 3 (batas masuk kota surabaya), ring 2 (Jalan utama mengarah ke pusat kota) dan Ring 1 (pusat kota serta lokasi keramaian) untuk mengurangi mobilitas.

Jenderal bintang dua ini juga menghimbau masyarakat untuk menghindari titik-titik keramaian agar penyebaran Covid-19 varian omicron bisa ditekan.

“Penting bagi kita untuk selalu memantau perkembangan virus baru omicorn ini karena bagaimanapun juga partisipasi masyarakat jadi bagian penting dalam menghadapi Covid-19 ini,” ujar Nico.