Periksa TKI Diduga Illegal, Intelkam Polres Tanjung Balai Temukan 2.000 Gram Narkoba Jenis Sabu.

oleh -

sergap TKP – TANJUNG BALAI

Petugas Satuan Intelkam Polres Tanjung Balai saat melakukan pemeriksaan terhadap 20 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diduga illegal, menemukan 2.000 gram narkoba jenis sabu.

Kapolres Tanjung Balai, AKBP Putu Yudha Prawira mengatakan, ke-20 TKI diduga illegal itu diamankan saat turun dari becak bermotor (betor) yang ditumpangi dan hendak menunggu Angkutan umum, di SPBU Jalan Alteri Kelurahan Sirantau Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat, 7 Februari 2020.

“Kita mengamankan 20 orang WNI yang diduga bekerja sebagai TKI illegal di Negara Malaysia. Awalnya, mereka tiba dari Malaysia naik Kapal Nelayan bermesin Dompeng dan turun di Sei Apung Perbatasan Kabupaten Asahan dengan Kota Tanjung Balai. Dari Sei Apung, mereka naik betor menuju Kota Tanjung Balai,” ujar AKBP Putu Yudha Prawira kepada wartawan, Minggu (9/2/2020).

Di Mapolres Tanjung Balai, ke-20 diduga TKI illegal itu dilakukan pencatatan, pemeriksaan terhadap barang bawaan serta membuat berita acara interogasi.

“Dari pendataan yang dilakukan terdapat 3 orang anak usia Balita, 5 orang perempuan Dewasa, 12 orang laki-laki Dewasa,” terang AKBP Putu Yudha Prawira.

Namun, saat dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan barang yang diduga narkotika jenis sabu-sabu dengan berat 2.000 gram yang dibawa 2 orang bernama Muhammad Zul Falinsyah dan Musassirin.

“Kedua orang tersebut dilimpahkan/diserahkan ke Satuan Reserse Narkoba Polres Tanjung Balai, guna diproses sesuai hukum yang berlaku dan kepada yang 18 orang lainnya akan diserahkan ke Kantor Imigrasi setelah melalui pendataan menyeluruh,” pungkasnya.