Siapkan Prokes Ketat, Masjid Al-Akbar Surabaya Siap Gelar Sholat Idul Fitri

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Forkompimda Jatim melakukan kunjungan ke Masjid Al Akbar Surabaya untuk memastikan kesiapan pelaksanaan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) sebelum sholat Idul Fitri besok.

“Jadi referensi utama yang kita harapkan bisa diikuti oleh penyelenggara pelaksanaan shalat Idul Fitri di tempat yang lainnya,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Rabu (12/5/2021).

Gubernur didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo memeriksa kesiapan prokes dan mekanisme pelaksanaan sholat di masjid Al-Akbar.

“Tutorial tadi itu sangat lengkap sekali, tidak hanya kaitan dengan pelaksanaan shalat, tapi bagaimana bangun pagi, bagaimana di rumah sarapan dulu, supaya membedakan bahwa hari ini sudah lebaran, tidak lagi kita berpuasa karena hari Tasyrik, tidak boleh justru orang berpuasa di hari Tasyrik di satu Syawal,” ujar Khofifah.

Gubernur mengimbau kepada masyarakat untuk tidak buru-buru saat hendak menjalankan ibadah sholat ied. Sebab hal tersebut memungkinkan terjadinya kerumunan yang perlu diantisipasi.

“Kita mohon masyarakat melaksanakan salat ied di tempat yang terdekat dengan rumah mereka, apakah masjid atau lapangan,” pungkasnya.