262 Tersangka 3C Diamankan Dalam 2 Bulan Oleh Polda Jatim

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Dalam kurun waktu 2 bulan Operasi 3C (Curas, Curat dan Curanmor) Polda Jatim berhasil meringkus 262 tersangka yang dilakukan Subdit III Jatanras Ditreskrimum dan Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Jajaran Polda Jatim.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, melalui Waka Polda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mengungkapkan para tersangka yang ditangkap ini paling banyak dari kasus Curat.

“Atas pengungkapan ini, sebanyak 262 tersangka telah diamankan dari masing-masing kasus berbeda. Curat sebanyak 127 tersangka, Curas 51 tersangka dan Curanmor 84 tersangka,” kata Brigjen Slamet, Rabu (10/11/2021).

Untuk kasus Curas, umumnya para tersangka ini menjambret tas milik korban yang sedang mengendarai sepeda motor dengan menodongkan senjata tajam, bahkan mereka tak segan melukai korbannya.

“Selain Curas, tersangka pada kasus Curat. Juga mempunyai modus sendiri dalam melakukan aksinya. Biasanya, tersangka Curat merusak pintu atau jendela rumah atau gudang milik korban,” imbuhnya.

Sementara untuk kasus Curanmor, modusnya para pelaku melakukan pencurian kendaraan bermotor dengan cara merusak kunci sepeda motor maupun mobil dengan menggunakan kunci letter T.

Para tersangka itu umumnya dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukum 9 tahun penjara dan atau Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara yang apabila sampai mengakibatkan korban luka berat 12 tahun penjara dan pidana mati atau seumur jika korban meninggal dunia.